TUJUH TITIK MEDITASI



1.
 Muladhara Cakra
Titik pusat dalam meditasi ini adalah pemusatan daya konsentrasi serta pernafasan pada titik yang berada diantara lubang kemaluan dan lubang dubur, atau lebih tepatnya pada titik poros pertemuan antara sumsum tulang iga dan tulang belakang.
Secara fungsional untuk kehidupan meditasi muladhara cakra ini dapat pemacu dan pengendali sumber segala kekuatan yang berada dalam diri seeseorang, pengendali nafsu sekaligus pengontrol keseimbangan antara diri sebagai makhluk hidup dengan bumi.
Adapun secara fungsional medic meditasi di titik ini, memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan serta fungsi jantung, daya kekuatan seksual dan daya control terhadap kesehatan usus besar.
Sedangkan fungsi secara spiritual jika seseorang mempu menguasai meditasi di titik ini maka ia akan dapat mengontrol grafitasi diri dengan bumi, ia akan mampu melepas grafitasi hingga terangkat dari daya tarik bumi terhadap dirinya.
2. Swadhistana Cakra
Titik pusat meditasi ini merupakan pemusatan konsentrasi dan pernafasan  terletak pada sumsum nadi dasar/dalam alat kelamin.
Fungsional dalam kehidupan dari meditasi di titik ini, seseorang akan dapat mengontrol perasaan dan emosi dengan mudah.
Meditasi di titik ini memiliki fungsi medic sebagai pengontrol perut bawah juga fungsi ginjal.
Adapun secara fungsi spiritual meditasi di titik ini adalah pengontrol kekuatan batin seseorang, mengendalikan serta berinteraksi dengan kekuatan air, sehingga seseorang bisa terapung diatas air bila telah menemukan kesempurnaan dalam melakukan meditasi di titik ini.
3. Manipura Cakra
Pelaksanaan meditasi ini memiliki pusat pada titik di sumsum nadi bagian pusar, atau lebih tepatnya pusar sebagai focus untuk pemusatan konsentrasi dan pernafasan. Pusar merupakan titik yang memiliki hubungan dengan badan kasar manusia.
Dalam meditasi di titik ini memiliki fungsi dalam kehidupan seseorang sebagai pengendali amarah serta emosi seseorang.
Adapun secara pandangan medic meditasi di titik ini memiliki fungsi sebagai pengontrol kesehatan limpa, perut dan lambung.
Sedangkan fungsi spiritual penguasaan meditasi di titik ini akan membuat seseorang mampu untuk mengendalikan kekuatan unsure api pada dirinya.
4. Anahata Cakra
Pelaksanaan meditasi yang memiliki focus pada titik tepat di tengah dada (jantung), yang bersumber pada keluar masuknya nafas dalam tubuh.
Dalam meditasi di titik ini memiliki fungsi sebagai pengontrol ketajaman batin dan nurani seseorang.
Secara medic meditasi di titik ini memiliki fungsi sebagai pengontrol kesehatan organ-organ pernafasan seseorang.
Sedangkan secara fungsi spiritual meditasi di titik ini adalah sebagai pengasah kekuatan bathin seseorang, sehingga ia dapat merasakan hal-hal yang tak kasat mata atau bahkan melihatnya. Dengan kata lain meditasi di titik anahata cakra ini memiliki fungsi sebagai pengontrol unsure udara dalam diri manusia.
5. Visudha Cakra
Meditasi visudha cakra memiliki titik pusat konsentrasi pada pangkal leher/tenggorokan sebagaai pembentukan karakter vocal.
Jadi dalam meditasi ini akan mempermudah seseorang untuk membentuk karakter vocal seseorang demi untuk menyesuaikan diri dalam berkomunikasi.
Dalam hal ini memiliki fungsi untuk pengontrol kesehatan tenggorokan seseorang.
Secara spiritual seseorang yang menguasai meditasi jenis ini akan mengangkat aura dan daya kewibawaan seseorang daripada orang lain, sehingga ia akan memiliki daya tarik dalam visualisasi vocal.

6. Ajna Cakra
Pelaksanaan meditasi ini terletak pada ti satik tepat ditengah antara kedua alis mata.
Dalam kehidupan sehari seseorang akan meningkatkan daya konsentrasi, focus terhadap tujuan dan akan lebih jeli membaca rambu-rambu dari tuhan.
Secara medic meditasi ini dapat mengontrol kesehatan di daerah seputar kepala.
Sedangkan dari sisi spiritual berfungsi sebagai pengasah indra keenam,  sehingga seseorang akan dapat dengan mudah membaca situasi, melihat sesuatu yang tak kelihatan mata dengan cara menggabung dengan meditasi di titik Visuda Cakra.
7. Titik otak
dalam melaksanakan meditasi kali ini pemfokusan terletak   pusat otak..
sehingga meditasi ini dapat mengontrol ketegangan dalam menghadapi suatu masalah, berfikir focus dann meminimalisir kesalahan dalam mengambil keputusan,
sehingga sesorang yang dapat melakukan meditasi di titik ini sesorang akan mampu   untuk tenang dalam menghadapi masalah, berfikir jernih.



Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

29 Mei 2014 11.34

INI MEDITASI HINDU YAH??

3 September 2016 20.27

yups

Posting Komentar

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DUDU DEWO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger